Irmante Astalavista

Simsalabim!!!
Blog ini bercerita tentang dunia IT, ilmu kebumian, dan lain-lain.

Tuesday, July 17, 2007

Penipuan di internet

NOKIA BARU N91 BM SEGEL HARGA PARTAI.DIJUAL CEPAT HP NOKIA BARU BM FINLAND BRG SEGEL LKP GRS.HUB: 0815-3763-7610 IWAN.NOKIA N91 BARU 3,8JT. n 9 0 2,7JT.N70 2,2JT.9300i 3JT.9500 GOLD/SILVER 3JT.6280 2JT.6680 1,7JT.6681 1,5JT.7370 1,4JT.7610 BLUE 1,3JT.3250 BLACK 1,9JT.5500 SPORT 1,7JT.W900i 2,9JT.W810i 2,1JT.W800i 1,5JT.O2ATOM
iwan / / RIAU / KAB. KEPULAUAN RIAU / / Alat Komunikasi / Handphone / Nokia
2006-05-18 12:34 ( Protes | Kontak )

Baru 100% Gress Garansi (Promo)
n o k i a N95...$250,
n o k i a e 9 0 ...$320,
n o k i a E65...$280,
n o k i a N92...$190,
Harga sampai akhir juli 2007.
SMS 0888-3528413
Andy / / MEDAN / DELI SERDANG / / Alat Komunikasi / Handphone / Nokia
2007-07-14 13:58 ( Protes | Kontak )

Ini contoh 2 iklan di www.bekas.com

Menarik sekali tho...
Pada saat nokia komunikator E90 yang baru turun di Indonesia awal semester II 2007, dijual dipasaran dengan harga Rp. 10-13.5jt ehhh... ditawarin dengan harga cuman 1/3-nya atau bahkan 1/4-nya !!!

Pak Dhe saya yang berdinas di Kalimantan Selatan, penasaran dengan iklan tersebut dan menelpon saya yang notabene berada di Jakarta. Saya udah jelaskan, kayaknya itu penipuan. Tapi berhub. Pak Dhe gak percaya, ya udah akhirnya aku ikutan invest. Pak Dhe nalangin duit dulu, jadi beli 2 'hp nokia e90', satu buat dia satu buat saya. Bayangin nokia e90 pada tahun Q3 2007 cuman 7 jt dapet 2 biji!.

Ya kalo beneran kan lumayan hehehe. Akhirnya dibuat skenario berikut:
  • kontak sepupu yang di Medan.
  • pembayaran Cash On Delivery (COD), jadi sepupuku musti liat barang dulu, ngetest, terus baru bayar.
  • janjian ketemuan musti ditempat terbuka dan ramai, so dipilih di pusat belanjaan. Kan kalo ketemuan di rumah 'si penjual', kalo rumah 'si penjual' isinya preman semua gimana hayoo...
  • sepupu musti dikawal temen. Bawa cash 7jt gak sedikit je. Kebetulan yang ngawal polisi kawan main tenis.
  • sepupu musti tau deskripsi fisik barang, baik deskripsi yang tertulis (SMS) maupun liat langsung di konter HP.
Akhirnya sepupu saya nelpon 'si penjual', janjian ketemuan hari Sabtu. Hari Sabtunya di telp lagi 'si penjual' itu bilang gak bisa, alasannya neneknya meninggal dan bisanya ketemu besok Minggu.
Karena udah kadung jalan sampe kota Medan, akhirnya sepupu saya datengin alamat rumah yang ditulis 'si penjual' itu. Ternyata seperti dugaanku RUMAH KOSONG.
'Si penjual' dikonfirmasi via telp tentang lokasi rumah kosong, eh... langsung dimatiin dan kalo nomer HP ditelpon gak pernah aktif.
Hari senin 2 hari berikutnya, iklan dan user profile itu menghilang dari www.bekas.com.
Ajaib tho. ckckckck

Alasan saya kenapa saya bilang nipu:
- harga gak umum. Dengan harga yang semurah itu orang akan silap mata dan berpikir:
'gile nih, yang jual ibu-ibu gak tau harga neh... ckckck, untung besar gw!'
'anjrit, gw dapet henpon paling kereeennnn, temen-temen pasti pada ngiri neh hehehe'
'mending transfer aja ah... murah ini.'
'harga 1 dapet 3 barang... heboh neh!'
dst

- Alamatnya daerah Medan Deli Serdang. Daerah yang bikin orang di luar Medan akan akan 'males' untuk ngecek lokasi. Sehingga akan berpikir instan 'transfer aja deh'.

- Statusnya penjualnya newbie. Status Newbie ini diperoleh bilamana:
* barusan registrasi di situs jual beli tsb
* udah registrasi lama tapi bisa gak pernah posting di situs jual beli, tsb.
nah kalo orangnya barusan registrasi dan buka lapak, tau-tau harganya heboh, nah itu yang perlu diwaspadai.

- spesifikasi barang keliatan sangat 'worthed', misalnya kalo jualan laptop dengan spesifikasi cuanggih untuk ukuran saat ini, tapi harganya itu lho, murah abisss...

- gak ada foto dan informasi kondisi barang. Kadang dikasih tp sumber dari internet. Kalo niat jualan barang bekas kan dikasih gambar kondisi barang asli, lha wong di dunia maya itu kita gak bisa pegang barang itu jeh.

- pengisi testimonialnya newbie juga dengan kualifikasi kurang dari 5x posting. Seolah barang laku keras dibeli oleh orang-orang dari berbagai wilayah di Indonesia. Kadang dikasih umpan lambung dengan memunculkan permintaan produk laen, contohnya di situs jual beli www.kaskus.us.
Pada situs-situs jual beli saat ini, dengan cara registrasi free kita bisa buat banyak identitas dengan asal daerah yang beragam juga. U bisa buat nama A asal Ambon, nama B asal Sumsel, nama C asal Jatim, dst. Istilah laennya 'klonengan' dari asal kata 'kloning'.

Gampang-gampang susah sih nentukan mana yang penipu pinter, mana yang asli buka lapak. Yang penting kita perlu waspada bro.

Neh informasi dari www.bekas.com halaman utama.

Yang harus Anda perhatikan:
  • Selalu bertransaksilah dengan orang yang lokasinya dekat dengan anda. Bekas.com sudah menyediakan menu untuk melihat iklan dari suatu propinsi saja.
  • Jangan tergiur dengan harga yang miring dengan alasan apapun. Barang dengan harga miring tidak perlu diiklankan di bekas.com untuk bisa terjual.
  • Selalu waspada, periksalah data telepon/alamat si pengiklan.
  • Kejahatan melalui internet sangatlah sulit untuk ditelusuri.


[irmant]

Labels:


0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home