Irmante Astalavista

Simsalabim!!!
Blog ini bercerita tentang dunia IT, ilmu kebumian, dan lain-lain.

Thursday, June 14, 2007

Gimana Memilih laptop?

Banyak yang minta rekomendasi tentang laptop yang akan dibeli pada saya.
Misalnya tentang kisaran budget, berbagai jenis merk, jenis prosesor, sistem operasi, dst.

Saya sih biasanya akan memandunya lewat 2 pertanyaan.
1. budget berapa?
2. butuhnya buat apa?

Pertanyaan pertama menuntun pengguna untuk mendapatkan laptop sesuai spesifikasi yang diajukan dari pertanyaan sebelumnya.
Ingat! pada laptop, budget besar Tidak selalu spesifikasinya juga hi-end. Nah budget kecil bukan berarti sampeyan akan mendapatkan laptop spek rendah.

Bicara budget:
Paling gampang dibagi dalam 3 kelas:
kurang dr 5jt, budget minimal utk bicara demand,
5 - 15 jt, budget ideal utk bicara demand dan prestise,
lebih dr 15 jt, bicara prestise dan selera gitu loh.

Pertanyaan kedua biasanya menggambarkan aktifitas yang paling sering dihadapi ketika berhadapan dengan komputer. Jawaban pertanyaan ke pengguna itu tentu beragam, maka jawaban saya pun beragam.

Panduan sederhana untuk memilih laptop adalah:
- Tatap layar laptop itu dari berbagai sudut kemiringan. Bila anda merasa nyaman, brati laptop itulah yang dipilih.

Kenapa layarnya? karena aktifitas berlaptop-ria ini terjadi pada layarnya, dan anda akan mengamati layar itu berjam-jam. Piranti keras yang lain, performancenya beda-beda tipis, apalagi produk processornya berasal dari vendor yang dominan, yaitu Intel dan AMD. Contoh kasus fungsi ukuran layar misalnya, anda seorang programmer, tentunya kalo berukuran layar kecil akan meletihkan mata ketika mengamati baris-baris koding. Begitu juga graphic designer, banyak gambar yang musti ditampilkan dalam satu waktu, sehingga butuh layar yang besar.

- selanjutnya adalah Anda rasakan panas disekitar keyboard. Panas yang dihasilkan oleh bodi laptop itu pengaruh terhadap kenyamanan anda mengetik. Bodi laptop yang kecil dan kompak biasanya memiliki pengaturan aliran panas prosesor ke berbagai celah bodi. Bila Anda baru menyalakan sebentar terasa panas dan kurang nyaman, ya jangan di beli. Paling enak sih perbandingan ini dilakukan pada pajangan laptop di pameran komputer.

- berat dan dimensi laptop. Berat laptop ini dipengaruhi oleh aktifitas selama menggunakan laptop. Kalo Anda sering mobile, ya mending pilih yang ringan. Biasanya vendor laptop hanya memberikan gambaran berat laptop, misal 1.5kg, nah yang tidak dijelaskan bahwa beratnya itu musti ditambahkan chargernya yang bisa nambah beban antara 1/2 - 1kg lagi. Belum lagi bobot tas, entah berupa tas jinjing maupun ransel. Jadi total-total tas plus laptopnya minimum 2.5 kilogram.

- kecepatan waktu proses laptop dan performa laptop. Kemajuan teknologi yang ditawarkan oleh para vendor laptop itu hanya beda-beda tipis, karena paket seri laptop yang ditawarkan oleh vendor itu, tergantung dari beberapa komponen yang similar. Itulah yang perlu Anda pelajari disini.

Ditilik dari processornya
Vendor prosessor laptop yang dominan di dunia yaitu Intel, AMD, dan VIA. Intel menjadi vendor yang memberikan harga paling menarik dibandingkan vendor lain. Apalagi mereka juga menelorkan ide whitenotebook yang menguntungkan bagi pabrikan laptop di dunia, sehingga penetrasi otak laptop ini sangat dominan di Tanah Air.
Berhubung otak laptop pabrikannya seragam, maka anda tidak perlu kawatir apakah itu celeron, dothan, core duo, core2 duo dst.
Meski itu menawarkan harga yang cukup jauh antara otak processor celeron dengan core2 duo, tapi menilik kecepatan waktu proses sebenernya beda-beda tipis. Kongkretnya, ketika anda ditawarkan laptop dengan spesifikasi processor core2duo, tapi dengan cache 2MB, yang sama dengan processor core duo, buat apa? Misalnya anda ditawarkan core duo tapi tanpa anda cek lebih lanjut ternyata L2 cachenya cuman 1 megabyte, ini mah 'celeron-nya' core duo.

Belum lagi vendor-vendor software yang memanfaatkan teknologi inti ganda masih sedikit. Inti ganda prosesor yang tidak dimanfaatkan oleh sebuah aplikasi, otomatis juga hanya menggunakan satu inti prosesor, so berasanya beda tipis banget antar prosesor.

Selain performa prosesor, perlu Anda perhatikan pula bahwa voltase yang digunakan oleh prosesor berpengaruh terhadap suhu laptop. Ada seri prosesor intel ULV-Ultra Low Voltage yang diklaim memiliki suhu rendah dibandingkan seri prosesor intel lain. Konsumsi daya prosesor yang rendah, maka mengurangi suhu laptop.

Ditilik dari harddisk
Ukuran harddisk
Harddisk sebagai media penyimpan data, rata-rata berukuran puluhan gigabyte. So jangan kuatir untuk kehabisan, kecuali Anda sering kopi film atau MP3 atau sering bermain data-data besar dalam laptop. Seorang teman yang jarang dengerin lagu, punya laptop yang berisi aplikasi, koding, tulisan, dan foto-foto jepretan kamera digital, dengan harddisk kapasitas 80GB masih menyisakan space kosong 30GB, padahal laptopnya udah dipakai 2 tahunan lebih.

pengaruh kecepatan putar cakram harddisk
Nah pada laptop, harddisk laptop itu punya putaran cakram rata-rata 5400rpm, jadi hanya 2/3 kecepatan harddisk PC yang rata-rata 7200rpm. Bahkan untuk laptop tahun lawas masih menggunakan harddisk dengan 4200rpm.

Saya ibaratkan antara prosesor dengan rpm harddisk itu seperti siswa dengan petugas perpustakaan. Semakin cepat buku yang diminta siswa ditemukan oleh petugas perpustakaan, ya brati semakin cepat juga siswa tersebut membuat resume terhadap buku. Sejenius apapun siswa kalo petugas perpustakaannya lambat menemukan buku tersebut, ya lambat juga mengolah buku menjadi resume.

So jangan heran kalo ketika Anda mengeksekusi sebuah program pada komputer PC (pada kecepatan processor yang sama dengan laptop) akan terasa lebih cepat dibandingkan waktu eksekusi pada laptop. Karena harddisk tidak memberikan informasi secepat prosesor menterjemahkan informasi tersebut.

Ditilik dari RAM
Pengalaman saya sih, program Windows XP professional butuh ram efektif sekitar 300MB, supaya aplikasi terasa lancar dan nyaman, selain dari kapasitas harddisk kosong minimal 1 giga yah. Mungkin buat windows Vista ram efektifnya meningkat jadi 1 GB.

Jangan minder buat yang mo beli laptop second, tambahkan ramnya saja akan terasa peningkatan speednya. RAM sangat dibutuhkan bagi aplikasi yang membutuhkan kalkulasi matematis. Contohnya pada aplikasi yang mengolah data grafis (Adobe Photoshop, Coreldraw, dst), ram sangat pengaruh. Besarnya ram dapat dikatakan selaras dengan kecepatan proses data grafis. Contohnya ram 1GB bisa memproses 2 x lebih cepat dibandingkan ram 512MB.

Ditilik dari bodi.
Jaman dulu itu bodi laptop masih pake campuran besi dan plastik. Sehingga bodi itu sebagai media yang menghantarkan elektrik statis juga. Nah sekarang itu laptop didominasi dari bahan plastik keras atau polyetilen. So, sangat jarang anda kena strum gara-gara bodi laptop. Ada pula bodi yang ngetrend pada kelas2 laptop high end yaitu menggunakan bahan titanium. Bedanya ya kalo kebanting mungkin lebih keras yah :D

Ditilik dari VGAcard
Menilik dari VGAcard, biasanya laptop itu menggunakan shared memori. Artinya, memori RAM digunakan oleh VGAcard untuk membantu proses pengolahan data grafis. Ini akan mengurangi jumlah memori yang ada pada memori RAM. Saat ini produk2 VGA pengaruh sekali ke harga yang ditawarkan vendor.

- spesifikasi lain
Card reader. Biasanya alat ini digunakan untuk mentransfer data-data dari memori card ke komputer dan sebaliknya. Dengan demikian, Anda bisa langsung mentransfer data dari dan ke alat-alat elektronik seperti kamera digital, handphone, MP3 player, dst.

Slot USB
Hampir semua alat elektronik membutuhkan tipe slot ini. Entah printer, scanner, kamera digital, handycam, MP3 player, dst.

Wifi
Intel centrino sejak generasi dothan telah mengintegrasikan Wifi dalam paket processornya, jadi rata-rata laptop baru bisa wifi. Nah kalo laptop 2nd, bisa membeli Wifi terpisah yang biasanya berbentuk USB, seharga 200-300rb. Jangan lupa pilih wifi yang mendukung tipe data G yang mencapai transfer rate 54MBps. Misal pada brosur spesifikasi laptop tertulis: Wifi 8211 a/b/g.

Infrared
Infrared ini dulu menjadi 'menu' wajib laptop lawas, tapi belakangan ini sudah mulai menghilang pada laptop generasi baru. Jaman sudah berganti menjadi wifi dan bluetooth.

Bluetooth
Bluetooth biasanya digunakan untuk menghubungkan laptop dengan media yang biasanya pake bluetooth, biasanya adanya pada handphone. Nah selanjutnya terserah mau diarahkan menjadi modem, LAN, fax, dst tergantung kebutuhan.

Finger print
Finger print ini digunakan sebagai sandi kunci pengguna laptop. Hanya orang-orang yang sandi jarinya sesuai yang dapat menjalankan laptop tersebut.

Paralel port
Bilamana Anda masih memiliki printer lawas yang menggunakan slot paralel, sebaiknya anda pikir-pikir untuk menjual PC anda dan menggantikannya dengan laptop baru. Biasanya slot paralel ini sudah hilang pada laptop baru, sedangkan pada PC tidak masalah.

Anti water-spill
Anti water-spill ini merupakan fitur yang memungkinkan laptop menangani air yang jatuh pada permukaan keyboardnya tanpa merusak komponen didalamnya. Bahkan ada yang bisa mengalirkan air tumpahan tersebut keluar dari bawah laptop.

Shock-absorber
Ini teknologi yang menjaga eksistensi data dalam harddisk ketika laptop terjatuh. Dulu pameran Komtek di Jakarta tahun 2006 pernah didemonstrasikan laptop Lenovo yang secara sengaja dijatuhkan dari meja, hanya blank sebentar layarnya kemudian laptop bisa jalan normal kembali. Sebenernya shock ini menjaga head harddisk supaya dalam posisi nol ketika ada goncangan. Pergeseran head ini biasanya akan menyebabkan harddisk rusak dan tak bisa lagi dibaca.

Firewire
Tipe slot ini biasanya dibutuhkan pada alat elektronik handycam dan video transfer lain. Transfer rate firewire lebih cepat dari USB, biasanya data video yang ditransfer melalui firewire lebih bagus kualitasnya dibanding USB.

Nah sekarang bicara pabrik pembuatan laptop.
Anda mungkin lebih familiar dengan merk laptop Toshiba, Acer, IBM, dst. Perlu Anda sadari kalo pabrikan pembuat laptop itu ada tiga yang besar yaitu Compal, Asus, dan Quanta. Nama pabrik yang mungkin anda jarang denger, tapi sesungguhnya mereka yang merakit laptop Anda. Vendor2 brand itu menyerahkan cetak birunya ke pabrik tersebut, untuk dijadikan laptop yang mungkin anda hadapi saat ini.

Labels:


2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

thx a lot, bagus banget tuh tip ente..

9:47 PM  
Anonymous Anonymous said...

Sekedar info saja… Saya hanyalah karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. Diawal Februari 2008 lalu saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan aneh, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA, saya colokkan beberapaka kali ke PC dan Laptop. Ternyata hasilnya sama saja & ada bunyi kletak-kletek. Takut ada apa-apa, saya tidak berani otak-atik lagi.Atau menuruti semua tips dari internet. Karena semua tips itu belum pasti alias belum ada jaminan data-data saya pasti akan selamat! Mungkin saja kondisi hardisk justru makin parah atau tidak dapat diselamatkan lagi!

Dari pada ambil resiko. Akhirnya saya coba membawa ke tempat yang lebih professional dan dipercaya, yaitu layanan recovery data di daerah Harco Elektonik Mangga 2. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya sempat kaget, ternyata mereka telah gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakan pada piringan hardisk saya sudah parah dan datanya banyak yang rusak, katanya disknya juga banyak tergores. Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya dan mencoba merecover lagi ke tempat lain. Ternyata sama.Mereka gagal. Beberapa tempat saya coba, sama saya terakhir saya coba lagi antar ke daerah bilangan Jl.Setia Budi Sudirman. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka mengaku-ngaku yang terbaik di Jakarta.

Entahlah saya hampir putus asa. Saya bingung sekali harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba mencari di Internet, di salah satu iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media yang situsnya www.everezta.com dan saya coba telpon dulu. Mereka meminta saya diminta mengantar harddisknya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka , akan dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil ke alamat kantor saya. Saya pun harus sabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

Keesokan harinya saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka menelpon kepada saya, kalau harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, katanya keberhasilan minimal 80% bukan 100% lagi dan waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya sudah sangat parah secara fisik (katanya tidak terdetek BIOS dan banyak sekali BAD SECTOR) untung saja belum dibongkar mangkoknya. Mereka langsung saja mengajukan biaya sebesar 5 juta rupiah yang cukup mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya, mahal sekali padahal tidak seperti di tempat – tempat lain jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali sempat saya mau membatalkan. Saya juga coba tawar harganya. Tetap saja mereka tidak mau agar biayanya lebih murah, dengan alas an kerusakannya sangat berat : bunyi “knocking down” ; kadang-kadang/sering minta F1 dengan pesan secondary/primary disk failure”. Katanya, kalau kasus standar dan belum pernah dibongkar dan diutak-atik dengan cara apapun. Akan jauh lebih murah, yaitu cuma Rp. 250.000,- sampai 1,5 juta rupiah / menurut kerusakannya. Karena terpaksa. Pikir saya, harus kemana lagi saya coba merecover data – data penting saya dengan harga jauh lebih murah, sementara nyaris semua, sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnaya mau-tak mau, saya harus menyetujui untuk membawar 5 juta rupiah, asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan.

Setelah menunggu kurang lebih seminggu, akhirnya mereka (pihak Everesta Media), menelpon lagi kepada saya, memberitahu sudah selesai data saya diselamatkan, diminta saya membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Kesesokan harinya, mereka akan antar data-datanya ke kantor saya siang hari. Diminta juga, saya segera menyiapkan pembayarannya secara tunai 5 juta rupiah. Saya tidak mau rugi, saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya awalu sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar, mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya. Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir. Hebat juga Everesta Media, walaupun biaya recovery datanya cukup mahal tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun begitu, sebenarnya saya cukup puas dengan harga 5 juta rupiah, karena pihak Everesta Media berhasil menyelamatkan data-data penting saya bahkan yang sudah dihapus sekalipun. Ataukah pihak http://www.everezta.com yang tempatnya tidak meyakinkan itu adalah sedang beruntung ketika itu? coba saja dulu oleh anda, baru percaya. Entahlah kenapa, sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah. Ruli; Mohon maaf lagi ya , bukan bermaksud untuk membuat yang lain marah atau tersinggung, hanya sekedar tukar pengalaman semoga berguna. Terima Kasih.Serpong (29-2).

3:52 PM  

Post a Comment

<< Home