Irmante Astalavista

Simsalabim!!!
Blog ini bercerita tentang dunia IT, ilmu kebumian, dan lain-lain.

Monday, March 26, 2007

Pelapis bodi laptop

Bodi laptop kalo udah cukup lama dan sering dipakai biasanya timbul goresan sana sini. Ditambah cat yang ngelupas bisa bikin bodi laptop rada-rada nyetrum gitu.
Untuk mengatasinya, saya sih sederhana aja, yaitu dilapis pake stiker bodi motor atau scotlite. (klik gambar laptop spy lebih jelas...)

Saya akan jelaskan dulu tentang karakteristik stiker ini:
- Ada macem-macem warna dan modelnya. Ada yang warna-warna menyala, ada yang transparan kayak kaca film, ada yang model motif (karbon, kotak-kotak, gold, silver, dst)
- lem dari stiker scotlite ini cukup kuat dan tahan lama. Jadi kita GAK kawatir bakal cepat ngelupas.
- Stiker ini terbuat dari lapisan plastik tipis, sehingga kalo dipanasi akan memuai dan akan mengikuti pola lekukan.
- berbentuk gulungan, dengan dimensi lebar sekitar 40cm.
- harganya kalo di Jogja per 10cm antara 1000 (untuk satu warna atau transparan) dan 1500 (untuk motif), harga segitu udah dapet 10 cm x 40 cm. Jadi kalo mo beli 50 cm x 40 cm hanya butuh modal 7500.
- lokasi beli biasanya di toko asesoris motor.

So yang perlu dipersiapkan adalah:
- stiker scotlite.
- cutter baru, so yang pasti tajam yah.
- pemantik api atau hair dryer.
- gunting.
- jarum
- kesabaran dan ketabahan. :D

Nah berhubung tiap orang tangannya beda-beda, ada yang sabaran dan telaten, ada yang grusah-grusuh, saya gak bisa hasilnya sama buat tiap orang, so saya hanya kasih tip dan triknya saja:
- potong stiker sesuai dimensi bagian yang mo ditutupi. Kalo perlu dibuat cetakan pake kertas koran, kemudian digambar pada bagian belakang stiker.
- potong pola dan tandai bagian-bagian yang akan dibolong, seperti kisi udara, bagian tombol, mousepad, dst. Caranya, ya pada stiker dibolong sedikit pake cutter atau gunting sehingga tampak pola bagian yang akan dibolong.
- Usahakan bagian yang bolong itu jangan digunting sesuai pola, karena kalo belum ditempel kita gak tau apakah bolongan tersebut memang bener-bener pas apa belum.
- siapkan hair dryer atau pemantik untuk memanasi stiker pada bagian yang rumit.
- pastikan bodi laptop tidak ada serpihan yang bakal mengganggu proses tempel.
- kalo cetakan sudah rapi, buka pelapis stiker dan tempel sesuai pola. Nempelnya dari satu arah tertentu yang datar, menuju kearah luar.
- Rapikan menggunakan tangan atau sisi tumpul cutter/gunting.
- nah untuk bagian yang bolong tadi bisa di rapikan lagi pake cutter sesuai pola lubang.
- pada bagian yang rada rumit, stiker dipanasi dulu barang 2-3 detik kemudian lekukan ditelusuri pake jari.
- pada saat memanasi stiker jangan kelamaan, ntar stikernya keburu kriting.
- kalo bagian laptop terlalu rumit, misalnya bagian lubang disket, mending stiker dipotong dua, sisi disket atas dan sisi disket bawah. Ntar pada bagian sambungannya tadi dipanasi terus diratakan dengan jari untuk menghilangkan kesan terpisah.
- bila ada gelembung udara terjebak dibawah stiker, bisa digunakan jarum untuk mengeluarkan udara, kemudian tinggal dipanasi.
- bilamana stiker yang ditempel, dirasa kurang pas, bisa di'kletek'pelan kemudian ditempelkan lagi sesuai pola baru kemudian tinggal dipanasi untuk menghasilkan rekat stiker.
- untuk bagian tepi LCD itu musti ati-ati bgt, karena carian LCD yang kena cutter bisa bocor. Mending dibuat pola sebelumnya, toh gak ada yang perlu dibolong.

Ok gitu dulu, selamat bereksperimen. :D

[irmant]

Labels:


<< Home