Irmante Astalavista

Simsalabim!!!
Blog ini bercerita tentang dunia IT, ilmu kebumian, dan lain-lain.

Friday, February 16, 2007

Notebook rakitan

Intel Corp telah menggandeng 3 industri notebook terbesar di dunia, Quanta, Asus dan Compal. Ketiga vendor ini adalah manufactur komponen-komponen utama laptop merk terkenal didunia, seperti Acer, Asus, NEC, IBM, Compaq, HP, Toshiba, Lenovo, dst.
Dalam upaya penetrasi pasar yang lebih tinggi, Intel berusaha melakukan standardisasi pembuatan notebook dalam 7 item. Notebook akan dirakit berdasarkan komponen:
1. barebone,
2. LCD panel,
3. keyboard,
4. battery,
5. storage,
6. optical disc,
7. dan power supply.

Pembuatan barebone dipercayakan pada 3 industri notebook terbesar di dunia (dimana merk-merk notebook terkenal didunia dibuat oleh 3 industri ini).
Hasil dari upaya ini adalah notebook bisa dirakit oleh banyak toko pengecer komputer. Notebook akan semakin murah harganya.
Tahun 2005 Intel sudah mendorong dipasarkannya whitebook atau notebook rakitan tanpa merk. Upaya itu tahun ini lebih ditingkatkan lagi dengan menjual 7 komponen di atas secara terpisah sehingga whitebook bisa diservice oleh toko-toko komputer, tentunya juga toko bisa membuat sendiri whitebook atau notebook rakitan.

Intel akan menseragamkan komponen2 hardware notebook agar bisa dipasangkan antar notebook, sehingga notebook bisa dirakit dengan mudah tanpa adanya konflik hardware. Hal seperti ini akan memudahkan kita dalam proses upgrade komponen dan tentunya harga yang didapatkan lebih terjangkau.

Nantinya pembeli bisa memilih LCD panel notebook dari berbagai merk industri LCD besar dunia seperti Samsung dan AOC. Demikian juga storage bisa dipilih dari industri storage kelas dunia seperti Seagate atau merk lain. Power supply tentunya akan semakin murah. Battery merk Sanyo atau dari industri kecil lainnya. Keyboard notebook merk Acer atau Logitech. Optical disc merk Asus atau lainnya.

So, itulah sebabnya kenapa BYON yang merupakan merk notebook lokal teranyar Indonesia menggembar-gemborkan kemampuan user untuk memilih komponen notebook sendiri. Padahal sesungguhnya merk notebook lokal lain yang sama-sama memanfaatkan konsep whitebook/notebook rakitan juga dapat melakukan hal yang sama, seperti Axioo, ION, Wearness, Zyrex, dst. Bahkan kalo Anda ke Mangga Dua, merk Acer pun berani mendisplay 7 bagian utama komponen notebook rakitan tersebut.

[irmant]
sumber:
www.hothardware.com
www.republika.co.id

Labels:


0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home