Irmante Astalavista

Simsalabim!!!
Blog ini bercerita tentang dunia IT, ilmu kebumian, dan lain-lain.

Wednesday, June 25, 2008

Cegah Virus Lokal

Satu hal yang paling menjengkelkan kalo lagi pelatihan yang melibatkan banyak orang adalah ketika kita menghadapi VIRUS LOKAL. Materi pelatihan yang butuh pertukaran data antar peserta, dan paling cepat yaitu menggunakan flashdisk, akhirnya saling menulari. Kalo laptop yang dibawa peserta cuman 3-5 sih gak masalah ya meski cukup menjengkelkan, nah kalo yang bawa 20 orang lebih? bisa seharian ngurusin scanning virus tok.

Virus lokal yang menyebar lewat flashdisk, itu biasanya bekerja dengan cara memanfaatkan fasilitas autorun MS Windows. Normalnya ketika colok ke USB, autorun MS Windows akan mendeteksi dan menayangkan setup aplikasi. Proses penayangan ini setup aplikasi ini kalo digantikan oleh virus maka virus akan bekerja menginfeksi PC/laptop. Antivirus bajakan seperti AVG, Norton, Mcafee terkadang kesulitan menghadapi virus lokal yang udah kadung masuk di dalem. Virus hilang, tapi menyisakan masalah thd komputer, misal lambat, hang heng, dst. Pake antivirus lokal PCMAV scanningnya lama dan biasane wong-wong males melakukannya kecuali udah kena dan punya waktu senggang.

Saya kasih solusi pencegahan yg simpel dan menurut saya lumayan efektif, terutama yg menggunakan windows XP Proffesional Edition.
1. jangan gunakan PC/laptop yang merupakan jaman bit, tulis tangan nang kertas balik ke jaman atom.... wakakakkakaka
2. matikan fasilitas autorun DVD/CD/flashdisk.

Cara mematikan fasilitas autorun:

1. klik Start > run > lalu ketik: gpedit.msc dan enter.

2. masuk ke menu Local computer policy > Computer Configuration > Administrative Templates > System > Turnoff autoplay, set ke Enabled to All Drives.
3. masuk ke menu Local computer policy > User Configuration > Administrative Templates > System > Turnoff autoplay, set ke Enabled to All Drives.

4. restart komputer

Autorun CD/DVD/flashdisk mati sudah.

[irmant]

Labels:


0 Comments:

Post a Comment

<< Home